Minggu, 27 Juni 2010

MENGAWETKAN AMPAS TAHU BASAH BISA TAHAN 7 HARI

Pada tulisan sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara mengawetkan ampas tahu dgn cara dikeringkan yaitu dijemur atau di open.

Pada kali ini sy akan menjelaskan pengawetan dgn cara lain, memang sebaiknya ampas tahu di berikan pada kelinci lebih baik yg masih keadaan segar artinya belum lebih dr 4 jam stlh proses pembuatan tahu, karena nilai protein nya masih tinggi.

Jika ampas tahu sdh lebih dr 4 jam maka proses pembusukan/basi sdh dimulai dan bila sdh basi ini sangat berbahaya buat pencernaan kelinci yang mengakibatkan diare/mencret, sejujurnya sy sendiri tidak tahu pembusukan/basi setelah berapa jam dr mulai proses pembuatan tahu., biasanya sy dpt  kiriman ampas tahu jam 7 pagi, jika tdk diperas maka jam 10 pagi sdh mulai basi kata yg kirim itu ampas tahu sdh tersimpan dipabrik sekitar 1jam, jadi patokan sy ampas tahu akan basi stlh 4 jam, ciri2 ampas tahu sudah mulai basi bisa diketahui dari warna yg tadinya putih akan berubah menjadi kuning sampai coklat dengan aroma bau asam .

Untuk memperlambat proses pembusukan yaitu dengan cara diawetkan, berikut cara mengawetkan ampas tahu  dalam keadaan basah bisa tahan 7 hari:

Setelah kita dapat ampas tahu dari pabrik sebaiknya langsung diperas sampai kandungan airnya terbuang 75% ini akan memperlambat proses pembusukan.

Masukan ampas tahu yg sdh diperas ke dalam kantong plastik ukuran  1/2 atau 1kg dan dipadatkan usahakan seminimal mungkin jangan ada celah udara di dalam plastik lalu di ikat dengan karet gelang, kemudian   masukan kedalam lemari pendingin lebih bagus lagi disimpan di freezer ruang pembeku. 

Ini pengalaman sy bisa bertahan selama 7 hari masih segar, tp jangan sekali kali ambil dr lemari pendingin langsung di berikan ke kelinci hrs diuraikan dulu dengan sendok biarkan sampai tidak terasa dingin atau bisa di jemur dulu.

Alangkah lebih bagus begitu ambil dr lemari pendingin dikukus dulu tp ikatan karetnya jgn dibuka agar uap air tdk masuk dan ini menimbulkan wangi aroma yg khas penyajian dlm keadaan hangat sangat disukai kelinci.

Semoga bermanfaat, mohon koreksi jika ada kesalahan dalam penulisan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar